Keistimewaan dan Keutamaan Sholat tahajud

Pendekatan diri kepada Allah bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain sholat tahajud sebagaimana yang terdapat dalam Surat Al-Isra" (17: 79) yang artinya, Dan pada sebagian malam hari maka bertahajudlah setbagai ibadah tambahan bagmu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

keutamaan sholat tahajud

Keutamaan Sholat tahajud

Tempat terpuji dalam ayat tersebut bisa berarti posisi, bisa juga berarti kondisi rohani dan jasmani. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah saw. bersabda, "Kerjakanlah shalat pada waktu tengah malam dengan terus-menerus. Karena shalat pada waktu tersebut adalah kebiasaan orang-orang yang saleh sebelummu; ia dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT mencegah dosa, menghapus kejelekan, dan mencegah penyakit badaniah (HR Ahmad, Turmudzi, Hakim dan Baihaqi)."

Dengan demikian, tidak benar jika dikatakan shalat malam bisa menyebabkan badan kurus. Sebaliknya, Keutamaan Sholat tahajud membuat badan dan jiwa menjadi sehat.

Shalat tahajud pada malam hari tersebut sebaiknya diteruskan dengan mengaji al-Qur'an, sebab sangat bermanfaat terutama untuk menenangkan hati sebagaimana yang Anda rasakan.

Imam al-Ghazali pun mengakuinya dalam lhya Ulum Aldin bahwa "membaca al-Qur'an dapat menenangkan jiwa, dengan syarat membacanya dengan sikap sopan, baik lahir maupun batin.

Lebih jauh al-Ghazali memerinci kesopanan batin itu, antara lain memahami isi kalimat, membesarkan firman Allah, khusyu (secara rohani) dan tadlarru (secara jasmani) ketika membacanya dan usaha memperhalus perasaan. Dengan demikian, kandungan al-Qur'an yang dibaca dengan perantaraan lidah, dapat bersemi dalam jiwa dan meresap ke dalam hati sanubari. Selanjutnya al-Ghazali menyebutkan sabda Nabi Saw,

"...sesungguhnya Allah itu senang apabila dimintai."


Hadits ini sejalan dengan firman Allah SWT. dalam alQur'an surat al-Baqarah (2): 45 dan 153, Mintalah dengan Kesabaran dan shalat sesungguhnya shalat itu berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk."

Di samping sholat tahajud dan mengaji dalam rangka pendekatan diri kepada Allah SW1T, ketika seseorang mempunyai hajat, dianjurkan melaksanakan shalat hajat minimal dua rakaat.

Waktunya tidak terbatas, asalkan tidak berada di dalam salah satu dari waktu yang diharamkan, yaitu sesudah shalat ashar, sesudah shalat subuh, ketika matahari terbenam sampai dengan lebih kurang 3 m, dan ketika matahari persis di tengah-tengah. Namun sebaiknya dilaksanakan pada malamhari.

Mengenai doa yang harus dibaca ketika selesai sholat tahajud, tidak ada ketentuan. Semua doa baik dan insya Allah manjur manakala disertai sikap dan perilaku sungguh-sungguh, baik secara lahir (usaha nyata) maupun batin (dengan khusyuk dan prasangka baik kepada Allah). Allah Maha Mengetahui segala bahasa hamba-Nya, jadi tidak harus berbahasa Arab.


Walhasil, ada keseimbangan dalam berusaha, baik secara lahir maupun batin. Keseimbangan itu akan dapat mewujudkan Kesejahteraan dan ketenangan hidup, baik secara lahiriah maupun batiniah. Dengan demikian, dengan sholat tahajud tercapai pula kesehatan jasmani dan rohani. Semoga

Sumber : Keutamaan Sholat tahajud


Sholat Tahajud, Sholat Tahajud jam 3, doa Sholat Tahajud, tata cara Sholat Tahajud, rakaat Sholat Tahajud, bacaan Sholat Tahajud, manfaat Sholat Tahajud, keutamaan Sholat Tahajud,


Komentar

Enjoy journey, you is the best...