Keutamaan Salam dan Shalawat Nabi Muhammad SAW

NABI Muhammad saw. sudah dijanjikan dan dijamin masuk surga oleh Allah SWT.  Lantas Mengapa kita diperintah untuk mengucapkan salam dan shalawat Nabi Muhammad SAW? Apa hal yang membuat istimewa dari shalawat tersebut bagi kita.

 




Nabi Muhammad saw adalah alasan utama mengapa dunia dan seisinya diciptakan oleh Allah SWT, hal tersebut menjadikan beliau adalah orang paling utama yang dijamin masuk surga. Meskipun tidak ada satu orangpun didunia ini dan para malaikat tidak bersholawat dan mendoaakan rasul, beliau akan tetap masuk surga.

Mengapa hal itu bisa seperti demikian? Karena Allah SWT. sendiri senantiasa bershalawat (memberikan rahmat dan ampunan) atasnya. Dalam Alquran Allah berfirman: Sesungguhnya Alah dan malaikat Nya bershalawat atas Nabi. Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kamu atas Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya"(QS. al-Ahzab) (33): 56).

Pola kalimat di dalam ayat ini mengandung arti bahwa shalawat Allah SWT, yang berarti rahmat dan ampunan, atas Nabi saw berlangsung secara terus menerus sampai seterusnya dan kekal.

Pada dasarnhya, shalawat seorang manusia yang beragama islam atas Nabi saw, selain melaksanakan kewajiban yang diperintahkan Allah SWT. seperti dalam ayat di atas, juga menjadi doa, dan bentuk kecintaan serta pengagungan atas diri Nabi saw. Untuk ini agama Islam mengajarkan, sebelum seseorang muslim mendoakan, mencintai dan mengagungkan orang yang lain maupun dirinya sendiri, maka terlebih dahulu ia harus mendoakan, mencintai, dan mengagungkan Nabi Muhammad saw.

Rasulullah saw. bersabda: Demi Zat yang diriku berada dalam kekuasaan-Nya, tidaklah beriman seseorang di antara kamu sehingga aku lebih dicintai daripada ayahnya, anaknya,
dan manusia semuanya (HR. Bukhari-Muslim).

Maka, doa atau shalawat untuk Nabi saw. harus didahulukan di dalam doa setiap muslim, sebelum doa-doa lainnya. Inilah cara yang benar dalam mengagungkan Nabi Muhammad saw., di samping melakukan segala sunnah-nya.

Bacaan Shalawat atas Nabi saw. tidaklah semata-mata munajah doa untuk Nabi saw. sendiri, tetapi juga permintaan rahmat dan ampunan bagi yang mengucapkan sholawat. Nabi Muhammad saw. bersabda: Barangsiapa bershalawat atasku sekali, maka Allah akan bershalawat atasnya sepuluh kall" (HR. Mustim)

Inilah ganjaran untuk orang yang bershalawat atas Nabi, berupa rahmat dan ampunan Tuhan, yang dapat dijadikan jaminan masuk surga. Karena Nabi saw. sendiri bersabda: Sesungguhnya orans yang paling utama dalam pandanganku pada hari Kiamat nanti adalah orang yang paling banyak bershalawat atasku "(HR. Tirmidzi).

Sebaliknya, Nabi saw. memperingatkan orang yang tak mau bershalawat atasnya dengan sabdanya: Orang bakhil itu ialah orang yang namaku disebut dihadaparanya namun ia tidak bershalawat atasku. (HR. Tirmidzi, Nas2 dan lbnu Hibban)


Sumber : Keistimewaan sholawat nabi Muhammad SAW

sholawat nabi Muhammad SAW, sholawat nabi Muhammad, Bacaan sholawat nabi Muhammad SAW, Bacaan sholawat nabi, kemuliaan Bacaan sholawat nabi, Bacaan sholawat nabi lengkapa arab dan arti, sholawat nabi, amalan Bacaan sholawat nabi,

Komentar

Enjoy journey, you is the best...